Jumat, 03 Maret 2017

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk

Setiap makhluk hidup pasti mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahap tahap pertumbuhan dan perkembangan tersebut disebut metamorfosis. Metamorfosis tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. ( Baca Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna ).

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk


Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk pada makhluk hidup sejak lahir hingga dewasa dengan mengalami empat tingkatan atau lebih, contoh hewan yang mengalami metamofosis sempurna diantaranya adalah kupu-kupu, katak, lebah, nyamuk dll. Adapun empat tahapan yang dimaksud adalah larva, pupa dan dewasa.

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu

Kupu kupu mengalami metamorfosis sempurna. prosesnya adalah sebagai berikut : Kupu kupu betina meletakan telurnya di permukaan daun. Telur menetas menjadi larva yang disebut ulat. Ulat mengalami pertumbuhan dan gerakannya lambat, kemudian ulat tersebut membuat rumah yang membungkus seluruh tubuhnya yang disebut dengan kepompong atau disebut juga pupa. Bila perubahan ini telah sempurna, kupu kupu akan keluar dari kepompong. Kupu kupu tersebut dapat terbang dan menjadi kupu kupu dewasa.
materi ajar ipa tentang metamorfosis pada kupu kupu

Advertisements
Iklan


Metamorfosis Sempurna Pada Katak

Telur katak menentas menjadi berudu atau kecebong. Berudu menpunya ekor untuk berenang dan bernapas dengan ingsang. Pada berudu tumbuh dua kaki belakang, dan disusul dua kaki depan. Ekornya akan menyusut dan menghilang. Katak akan meninggalkan air, lalu hidup di darat dan bernapas menggunakan paru paru. Katak akan tumbuh dan berkembang menjadi katak dewasa.
materi ajar ipa tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna


Metamorfosis Sempurna Pada Nyamuk

Nyamuk bertelur dipermukaan air. Kemudian, telur menetas menjadi jentik jentik, berlanjut menjadi pupa. Pupa berkembang menjadi nyamuk muda, lalu berkembang lagi menjadi nyamuk dewan
materi ajar ipa tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Demikianlah, tentang materi ajar Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk diatas semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar