Senin, 25 Oktober 2021

" EDUGAME MENGHIPNOTIS " SISWA KELAS 5 SDN 1 JUGLANGAN

Hari ini adalah hari kedua saya harus memulai langka dan menyingsing lengan untuk memulai hal yang baru lupakan hal yang lama. Memulai hal yang sederhana menggunakan ajian 3 M dalam memperkenalkan aplikasi rumah belajar pada siswa. Apa itu ajian 3 M ? Ajian 3 M adalah Mengenalkan, Mencoba, Menggunakan. Saya meyakini cara ini sangat efektif dalam memperkenalkan aplikasi rumah belajar pada siswa, ini sesuai dengan dunia anak. Di mana anak akan senang dengan sesuatu hal yang apabila dia mengenalnya terlebih dahulu, kemudian mencari tahu bagaimana cara mencobanya, akhirnya setelah terbiasa mencoba mereka senang menggunakannya.

Hal ini sama seperti yang saya lakukan hari ini dalam memperkenalkan Portal Rumah Belajar pada siswa kelas 5 di sekolah saya tepatnya SDN 1 Juglangan. Langka-langka yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

1. Mengenalkan

    Artinya pertama saya coba anak untuk kenal apa itu Portal Rumah Belajar, ada apa dengan Portal Rumah Belajar ? Saya coba jelaskan tentang fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar seperti fitur utama; sumber belajar, kelas maya, lab maya dan bank soal selain itu fitur pendukung seperti jelajah angkasa, peta budaya dan edugame. Kemudian semua fitur saya jelaskan secara global.

2. Mencoba
    Langka selanjutnya setelah menjelaskan secara global tentang fitur-fitur Portal Rumah Belajar, siswa saya ajak untuk mencoba salah satu fitur Portal Rumah Belajar yang menurut mereka sangat menarik untuk di coba, ternya pilihan mereka secara serempak memilih fitur edugame. Mungkin ini karena mereka sangat penasaran dengan fitur edugame dalam bayangan mereka seperti apa edugame  dalam Portal Rumah Belajar apa sama seperti game kebanyakan yang mereka sering mainkan. Namun kita sebagai guru harus mampu memberikan pemahaman yang positif apa sebenarnya game  yang baik untuk di mainkan oleh anak seusia mereka. Tanpa harus lama-lama saya langsung buka fitur edugame Portal Rumah Belajar. 

Awalnya biasa-biasa saja respon mereka tapi setelah ada sedikit game yang cukup menantang dan merupakan yang baru, mereka sedikit mulai terhipnotis diawali dengan adanya senyuman yang menunjukkan rasa senang dan penasaran, puncaknya di saat mereka mulai terucap kata yes... jika jawabannya benar dengan iringan suara teriakan senang. bagaikan sporter kesebelasan sepak bola. Situasi ini ini cukup lama bertahan sampai-sampai mereka mulai berdiri dari tempat duduknya, kelihatannya mereka sudah mulai suka, dan ingin terus mencoba .

3. Menggunakannya
    Setelah saya lihat sudah merasa suka tentang fitur Portal Rumah Belajar meskipun hanya edugame yang penting dalam diri anak sudah merasa tertarik. Kita harus pelan-pelan dalam memperkenalkan hal yang baru pada anak, apalagi sesuatu yang baru dan kurang menyenangkan.

                      


Salam Rumah Belajar !

Oleh: Abd. Hamid                                                            

WhatsApp Web
WhatsApp
 Terenkripsi secara end-to-end