Kamis, 16 April 2020

REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR : PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF TUMBUHAN IPA SD KELAS 6

  Assalamualaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakatuh berjumpa lagi dengan saya bapak Abdul Hamid dari SDN 1 juglangan Panji Situbondo peserta VCT Bacth 5 Jatim 104.1 Pada kesempatan kali ini saya akan menyelesaikan tugas 2 VCT yaitu tentang review konten rumah belajar dengan speech to text dan tex to speech. pada saat ini bahan ajar yang akan saya review adalah bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan.



Pertama kali yang kita lakukan adalah Membuka halaman rumah belajar yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id kemudian kita login  akun Kita Rumah Belajar yang kita miliki, kalau belum mempunyai akun bisa melakukan proses registrasi terlebih dahulu dengan mengisi form yang sudah disediakan. 

Setelah proses registrasi selesai kita bisa langsung login dan masuk pada fitur utama sumber belajar dan setelah kita klik, kita bisa memilih sumber belajar sesuai dengan jenjang sekolah yang kita inginkan. kemudian kita pilih jenjang SD kelas 6 kita pilih kita. Setelah itu kita akan menemui macam macam materi IPA kelas 6 selanjutnya kita pilih konten materi perkembangbiakan generatif tumbuhan kita klik dan akan menemukan konten materi tersebut dalam bentuk Adobe Flash.
Konten materi ini sangat menarik dan bagus para siswa sebagai bahan ajar Mandiri, maupun sebagai media pembelajaran di dalam kelas. Pada konten ini ada menu materi yang berisi teori singkat, menu bagian-bagian bunga, menu bagian bunga lengkap dan tidak lengkap, menu proses penyerbukan dan menu latihan yang berupa soal tes yang disiapkan untuk uji kemampuan peserta didik secara mandiri. Konten ini sangat interaktif bagi para siswa namun masih ada beberapa masukan yang perlu saya sampaikan kepada tim pengembang konten tersebut sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya.

Masukkan pertama tampilan pada konten konten ini sudah sangat baik tampilannya menarik namun akan lebih baik dan sempurna lagi apabila pada tampilan konten ini ditampilkan suara, sehingga tampilan konten ini akan lebih interaktif lagi dan komunikatif. Sehingga tampilan konten ini akan lebih hidup lagi Sebagai contoh pada menu materi tampilannya tidak hanya berupa gambar dan juga Uraian singkat namun ada suara berupa penjelasan dari uraian materi tersebut.


Masukan kedua dari kami yaitu tentang bagian-bagian bunga, pada menu ini hanya menampilkan gambar bunga saja yaitu bunga sepatu alangkah baiknya lagi untuk lebih memperjelas dan komunikatif dan tidak menimbulkan multitafsir pada siswa tentang gambar yang disajikan dalam konten ini, sebaiknya gambar pada bagian bunga ini menunjukkan gambar bagian-bagian dari bunga itu sendiri. Sebagai contoh misalnya kelopak bunga, gambar konten ini tidak bisa melihat dimana kelopak bunga itu sendiri, alangkah baiknya pada konten ini ditunjukkan berupa gambar Bagaimana bentuk kelopak bunga dan dimana letaknya dan juga fungsinya. Di sinilah yang dimaksud perlu adanya tampilan suara penjelasan dari pada konten ini yang tidak tertulis dalam uraian narasi dalam tampilan konten ini.

Masukkan Yang   ketiga tentang soal pada konten ini pada dasarnya soalnya sangat menarik. alangkah menariknya lagi dan lebih menambah pemahaman siswa tentang materi yang dipelajarinya, soal ditambah lagi tentang bagian-bagian dari bunga ataupun fungsi dari bagian-bagian dari bunga. 

Masukan yang keempat perlunya adanya waktu atau limit waktu pada konten soal tujuannya siswa dalam mengerjakan tugas ini lebih memperhatikan dan melatih diri dengan lebih serius, karena adanya timer waktunya para siswa bisa belajar untuk memanage waktu dengan baik.


Demikian review saya tentang konten rumah belajar bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan, berikut saya lampirkan juga video proses review konten Rumah Belajar dengan aplikasi Speech To Text (STT) pada android dan selanjutnya file teks yang di peroleh, saya copy paste ke aplikasi Text to Speech pada android. berikut link videonya :https://youtu.be/1jIvWjBuxW0

"SALAM HEBAT UNTUK PARA GURU HEBAT"




CARA HEWAN BERTAHAN HIDUP

 Semua makhluk hidup di dunia ini melakukan adaptasi. Adaptasi merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal hidupnya . Tidak hanya manusia saja, hewan dan tumbuh-tumbuhan pun juga melakukan adaptasi bila mereka ada di lingkungan yang bar lingkungan tertentu, atau setelah mengalami peristiwa atau kondisi baru. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, terkait dengan keadaan alam berpengaruh dengan kondisi tubuh atau tidak atau bagaimana cara mencari makan agar bertahan hidup, cara berkembangbiak hewan dan lain sebagainya. Berikut seb beberapa hewan yang beradaptasi untuk melindungi diri dari musuhnya sebagai berikut:

1.BUNGLON

Cara Bunglon Beradaptasi dengan Lingkungan menggunakan metode Mimikri adalah trik melindungi dirinya dari musuh, yakni merubah warna tubuh menyerupai tempat yang di tempatinya. Pada saat bunglon berada di pohon maka warnanya akan berubah menjadi kecoklatan, jika ia hinggap pada dedaunan maka warna yang terjadi adalah hijau. Perubahan warna kulit pada bunglon inilah yang disebut Mimikri.

2. WALANG SANGIT
       Walang sangit merupakan hama bagi tanaman padi. Cara walang  sangit melindungi diri    dari musuhnya yaitu dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
3. HARIMAU 
Harimau, anjing dan singa melindungi diri dari musuhnya dengan menggunakan kuku dan gigi yang tajam.