Rabu, 10 November 2021

VLOG PEMBATIK LEVEL 4 - PENGGUNAAN FITUR SUMBER BELAJAR & BANK SOAL MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS 6 SD

 Salah satu tugas akhir pembaTIK level 4 adalah membuat vlog tentang best practice pemanfaatan fitur dari portal rumah belajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada saat  ini, saya t memilih model pembelajaran Discovery Learning untuk pembuatan best practice  sesuai kesepakan kelompok 4 SRB Jawa Timur. Fitur rumah belajar yang digunakan pun harus beragam atau berbeda untuk setiap anggota kelompok. Setelah melakukan analisis terhadap kompetensi dasar yang ada di kelas yang saat ini saya ampu yaitu kelas 6 SD, saya memilih menggunakan fitur Sumber belajar dan bank soal  untuk mengajarkan materi tentang sifat-sifat magnet pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 3. Materi yang saya ajarkan adalah IPA KD 3.5 dan 4.5 dengan indikator Mengidentifikasi sifat- sifat magnet.  

  Langkah selanjutnya adalah membuat RPP best practice model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan fitur Sumber belajar dan Bank Soal pada portal rumah belajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran saya buat dengan menggunakan aplikasi Canva. Hal-hal yang saya cantumkan di RPP antara lain identitas, tujuan pembelajaran, materi pelajaran,langkah pembelajaran, dan penilaian. Semua hal tersebut saya cantumkan dalam RPP dengan format satu lembar seperti nampak pada gambar berikut.

https://www.canva.com/design/DAEu2ctRTUk/N3ZfPJWo5EWnA396oqEHEw/edit

 Pada pelaksanaanya , anak-anak dihimbau untuk membawa hand phone dari rumah yang pada satu hari sebelumnya siswa di himbau mengistal Portal Rumah Belajar pada HP masing-masing. Yang nantinya akan di manfaatkan pada saat mencari data  melalui sumber belajar dan pada akhir pembelajaran untuk melakukan evaluasi melalui bank soal. Hal ini tentunya membuat anak-anak merasakan pengalaman belajar baru. Berdasarkan hasil pengamatan saya selama pelaksanaan kegiatan, tidak saya menemukan satu pun anak yang diam di kelas. Setiap anak dalam kelompok sedang asyik dan sibuk dengan perannya masing-masing. Wow, sungguh luar biasa pemanfaatan Portal Rumah Belajar.

Alur dalam pembelajaran discovery learning meliputi; stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, & generalizationPada setiap tahapan, anak-anak banyak berkolaborasi bersama teman-teman satu kelompoknya untuk menemukan konsep tentang sifat-sifat magnet. Selain itu, kompetensi komunikasi anak semakin terlihat ketika mereka menceritakan hasil karyanya bersama kelompok di depan kelompok lain. Kompetensi kreativitas juga terasah, hal ini terlihat dari hasil karya anak pada saat menulis hasil laporan temuan yang mereka susun bersama teman-temannya. 

Pada akhir kegiatan, saya mewawancarai anak-anak untuk menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan fitur sumber belajar dan bank soal portal rumah belajar. Hasilnya sangat mengesankan, anak-anak dapat dengan lancar menceritakan perasaan dan pengalaman belajarnya hari ini. Kegiatan selengkapnya dapat disimak pada video best practice yang telah saya unggah ke kanal YouTube.