Rabu, 15 Oktober 2014

FIGUR KEPALA SEKOLAH YANG IDEAL



FIGUR KEPALA SEKOLAH YANG IDEAL


Salam super buat beliau-beliau yang telah mengunjungi blog sederhana ini, kali ini saya akan memposting artikel tentang figur kepala sekolah yang ideal, sebagai kepala sekolah harus mempunyai kemanpuan dan tauladan yang lebih dari para guru, kariyawan dan siswanya disekolah yang dipimpinnya, sehingga dalam satuan pendidikan yang dipimpinnya akan tercipta keberhasilan dalam menggapai tujuan/ cita-cita bersama yaitu terwujudnya pendidikan yang merata dan unggul berprestasi
Tentunya semua guru, kariyawan dan siswa disekolah merindukan figur seorang kepala sekolah yang ideal. Figur kepala sekolah yang mampu memberikan keteladanan dari sekolah yang dipimpinnya. Keberadaannya sangat dirindukan dan kepemimpinannya sangat bagus sekali dalam mengelola sekolah yang unggul di masyarakat. Kepala sekolah menjadi ujung tombak dalam revolusi pendidikan di negara kita yang lagi menerapkan kurikulum baru nyaitu kurikulum 2013.
Kalau boleh saya berpendapat adapun figur kepala sekolah yang dirindukan dan diimpikan oleh para guru, kariyawan, murid dan para orang tua adalah sebagai berikut:

  1.  Kepala sekolah harus memahami administrasi pembelajaran dengan baik
  2. Kepala sekolah harus paham psikologi anak, kurikulum, manajemen, dan pengembangan mutu sumber daya manusia untuk membuat sekolahnya menjadi unggul di mata masyarakat.
  3. Kepala sekolah harus mampu mendorong bawahannya untuk berkembang lebih baik.
  4. Kepala sekolah harus lebih disiplin dari guru yang lain.
  5. Kepala sekolah harus mempunyai kemauan yang kuat untuk menjadi kepala sekolah berprestasi.
  6. Kepala sekolah harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam membangun sekolahnya.
  7. Kepala sekolah harus mampu mandiri, bertanggung jawab, profesional, berjiwa besar, tidak otoriter dalam memimpin, bisa menjadi pembimbing dalam pergaulan teman sejawat, dan transparan dalam penggunaan dana sekolah
  8.   Kepala sekolah yang harus “Baik hati dan Tidak Sombong”

Hal yang terpenting adalah seorang kepala sekolah harus memiliki 4 sifat dasar seorang pemimpin (menurut agama Islam)yaitu sidiq, amanah, tabliq dan fatonah. Kalau itu dimiliki setiap kepala sekolah, Insyaallah sekolah yang ia pimpin mendapat rahmat dan berkah dari Allah Swt, sang penguasa alam semesta. Semoga kita selalu dalam lindunganNya, Amin....... Begitulah kira-kira. Silahkan ada teman-teman pengunjung yang mau menambahkan?

0 komentar:

Posting Komentar