Jumat, 03 Maret 2017

Energi dan Perubahannya

1.     Pengertian Gaya
Dalam kehidupan sehari-hari kita mendapati kegiatan yang berhubungan dengan gaya. Pada saat kita membuka atau menutup pintu kita telah melakukan gaya yang berupa dorongan dan tarikan. Selain itu, pada saat kamu bermain sepak bola kamu melakukan gaya terhadap bola menggunakan kaki dan tanganmu. Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk, dan berubah arah. Pada saat kamu menendang bola maka bola akan bergerak dan berubah arahnya. Gaya pada benda juga mengakibatkan benda berubah bentuk. Sebagai contohnya, ketika kamu bermain dengan plastisin kamu dapat membuat berbagai macam bentuk. Gaya yang dilakukan tangan menyebabkan bentuk plastisin berubah sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

2.     Gaya magnet
Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet. Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut bersifat magnetis sedangkan benda tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda bersifat tidak magnetis.
Untuk dapat mengetahui benda bersifat magnetis atau tidak magnetis dapat dilakukan dengan kegiatan yaitu mendekatkan berbagai macam benda dengan magnet.
Magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda-benda yang memiliki sifat magnetis. Untuk dapat mengetahui kekuatan magnet dapat diamati melalui garis gaya magnet. Garis gaya magnet dapat ditimbulkan dengan cara meletakkan serbuk besi di atas kertas, kemudian di bawahnya diletakkan sebatang magnet. Garis gaya magnet terbentuk oleh kekuatan magnet dalam menarik serbuk besi. Bagian yang berbentuk garis tebal di situlah terletak gaya magnet yang paling kuat. Daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet disebut medan magnet.
Kekuatan magnet terbesar terletak pada bagian ujung-ujung magnet atau kutub magnet. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.  Kutub-kutub magnet memiliki sifat yaitu apabila kutub-kutub magnet yang senama (utara dan utara atau selatan dan selatan) didekatkan,  maka keduanya akan tolak-menolak. Apabila kutub-kutub magnet yang tidak senama (utara dan selatan) didekatkan, maka keduanya akan saling tarik menarik.
Dalam kehidupan sehari-hari magnet digunakan antara lain untuk dinamo, pengunci kotak pensil atau tas, kompas, speaker radio, mikrofon, antena pada mobil remot kontrol, dan alarm pengaman mobil. Magnet juga digunakan pada alat-alat berat untuk mengangkut benda-benda dari besi. Magnet tersebut berasal dari aliran listrik oleh karena itu disebut elektromagnet. Jika tidak ada aliran listrik maka sifat kemagnetannya akan hilang.
  1. 3.     Jenis-jenis magnet
Magnet berasal dari kata “magnesia” yang merupakan nama sebuah daerah di Asia kecil (Asia minor), tempat pertama kali ditemukannya magnet. Magnet yang sejak semula ditemukan sudah mempunyai sifat kemagnetan disebut magnet alam. Sedang magnet yang sifat kemagnetannya timbul karena dibuat/direkayasa oleh manusia, disebut magnet buatan. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat magnet adalah besi atau baja. Besi lebih mudah dibuat menjadi magnet namun kemagnetannya cepat hilang. Baja sulit untuk dibuat magnet. Namun demikian, kemagnetannya lebih tahan lama dibandingkan dengan magnet yang dibuat dari besi. Terdapat beberapa cara dalam pembuatan magnet di antaranya adalah cara induksi, menggosok, dan mengalirkan arus listrik.
 Menurut bentuknya jenis magnet dapat dibedakan antara lain magnet batang, ladam, jarum, silinder, dan magnet u. berikut gambar bentuk-bentuk magnet.
  1. 4.     Gaya Gravitasi
Pada saat kamu melempar bola ke atas, bola akan jatuh ke bawah. Hal itu karena adanya gaya tarik dari bumi. Gaya tarik bumi inilah yang disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi yang terjadi pada benda yang jatuh dari ketinggian berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena gaya gravitasi dipengaruhi oleh ukuran dan bentuk benda tersebut. Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang
terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Bumi yang mempunyai massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa seperti meteor, satelit buatan manusia, dan bulan. Gaya tarik ini menyebabkan benda-benda tersebut selalu berada di tempatnya. Gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. Buah yang jatuh dari pohonnya, air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, dan bola yang dilempar ke atas akan kembali jatuh ke tanah merupakan beberapa pristiwa yang menunjukkan bahwa gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. Seandainya di bumi tidak ada gya grafitasi, kita akan melayang-layang di udara tanpa bisa menyentuh tanah. Sebagai bukti adalah astronot yang ada di bulan. Astronot tersebut dapat melayang-layang di bulan karena gaya gravitasi di bulan sangat kecil. Hal yang sama akan terjadi pada benda-benda yang ada di bumi apabila gaya gravitasi tidak ada.

5.     Gaya Gesekan
Gaya gesekan adalah gaya yang ditimbulkan oleh dua pemukaan yang saling bersentuhan. Jalan  yang licin membuat kendaraan sulit berjalan di atasnya karena gaya gesekan yang terjadi antara ban dengan jalan sangat kecil.
Memperbesar dan memperkecil gaya gesekan.
Gaya gesekan dapat diperbesar ataupun diperkecil disesuaikan dengan tujuannya. Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai berbagai cara yang dilakukan untuk memperkecil atau memperbesar gaya gesekan, di antaranya rem pada sepeda digunakan agar sepeda yang kita naiki dapat berhenti ketika sedang bergerak.Gesekan antara karet rem dengan peleg membuat laju sepeda akan semakin lambat ketika di rem. Di rem berarti memperbesar gaya gesek.

Manfaat dan kerugian dengan adanya gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
Gaya gesekan memiliki manfaat dan kerugian. Manfaat dan kerugian ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
1)      Manfaat gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat gaya gesekan yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain membantu benda bergerak tanpa tergelincir. Kita dapat berjalan di atas lantai karena adanya gaya gesekan antara alas kaki (sendal/sepatu) dengan lantai yang meyebabkan kita tidak tergelincir saat berjalan. Selain itu, permukaan aspal jalan raya dibuat agak kasar. Hal ini bertujuan agar mobil tidak slip ketika bergerak di atasnya. Adanya gesekan antara ban dan aspal menyebabkan mobil dapat bergerak tanpa tergelincir.
2)      Kerugian gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. Selain memiliki manfaat, gaya gesekan juga menimbulkan kerugian. Kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari antara lain menghambat gerakan dan menyebabkan benda-benda menjadi aus.

Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Belalang, Kecoa Dan Capung

Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Belalang, Kecoa Dan CapungMetamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk makhluk hidup dengan tiga tingkatan dari lahir sampai dewasa, yaitu telur, nimfa dan dewasa. Contohnya jangkrik, kecoa, belalang dan capung. 

Metamorosis Tidak Sempurna Pada Lipas/ Kecoa

Lipas juga berkembang biak dengan bertelur. Telur lipas berselubung setelah dibuahi induk jantannya. Telur tersebut akan menetas menjadi lipas muda (tempayak). Bentuk lipas muda tidak jauh berbeda dengan bentuk lipas dewasa. Perbedaannya, lipas muda tidak bersayap. Selanjutnya, lipas muda tumbuh menjadi lipas dewasa yang bersayap. Setelah menjadi dewasa, lipas akan bertelur. Demikian seterusnya.
materi ajar ipa penjelasan tentang metamorfosis tidak sempurna pada belalang, kecoa dan capung

Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Capung

Capung merupakan serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis pada capung tidak melewati tahap kepompong. Saat capung betina bertelur, ia akan menyimpan telurtelurnya di dalam air. Telur capung yang jumlahnya lebih dari 100 butir tersebut kemudian menetas menjadi larva. Selanjutnya, larva akan melepaskan kulitnya dan berubah menjadi capung muda (nimfa).

Nimfa hidup di air dan makan binatang kecil. Setelah dewasa, nimfa akan terbang keluar dari air dan berubah menjadi capung dewasa. Perhatikan metamorfosis capung pada Gambar 4 di samping! Berdasarkan beberapa contoh metamorfosis di atas, dapat dilihat bahwa dalam setiap tahapan, selain terjadi perubahan bentuk juga terjadi penambahan ukuran. Proses ini dinamakan pertumbuhan dan perkembangan.
materi ajar ipa penjelasan tentang metamorfosis tidak sempurna pada belalang, kecoa dan capung

Metamofosis Tidak Sempurna Pada Belalang

Belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Setelah telur belalang menetas, lahirlah belalang muda. Belalang muda tidak bersayap. Sayap akan tumbuh ketika belalang telah dewasa.
materi ajar ipa penjelasan tentang metamorfosis tidak sempurna pada belalang, kecoa dan capung


Demikianlah penjelasan tentang Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Belalang, Kecoa Dan Capung diatas semoga bisa membantu.

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk

Setiap makhluk hidup pasti mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahap tahap pertumbuhan dan perkembangan tersebut disebut metamorfosis. Metamorfosis tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. ( Baca Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna ).

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk


Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk pada makhluk hidup sejak lahir hingga dewasa dengan mengalami empat tingkatan atau lebih, contoh hewan yang mengalami metamofosis sempurna diantaranya adalah kupu-kupu, katak, lebah, nyamuk dll. Adapun empat tahapan yang dimaksud adalah larva, pupa dan dewasa.

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu

Kupu kupu mengalami metamorfosis sempurna. prosesnya adalah sebagai berikut : Kupu kupu betina meletakan telurnya di permukaan daun. Telur menetas menjadi larva yang disebut ulat. Ulat mengalami pertumbuhan dan gerakannya lambat, kemudian ulat tersebut membuat rumah yang membungkus seluruh tubuhnya yang disebut dengan kepompong atau disebut juga pupa. Bila perubahan ini telah sempurna, kupu kupu akan keluar dari kepompong. Kupu kupu tersebut dapat terbang dan menjadi kupu kupu dewasa.
materi ajar ipa tentang metamorfosis pada kupu kupu

Advertisements
Iklan


Metamorfosis Sempurna Pada Katak

Telur katak menentas menjadi berudu atau kecebong. Berudu menpunya ekor untuk berenang dan bernapas dengan ingsang. Pada berudu tumbuh dua kaki belakang, dan disusul dua kaki depan. Ekornya akan menyusut dan menghilang. Katak akan meninggalkan air, lalu hidup di darat dan bernapas menggunakan paru paru. Katak akan tumbuh dan berkembang menjadi katak dewasa.
materi ajar ipa tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna


Metamorfosis Sempurna Pada Nyamuk

Nyamuk bertelur dipermukaan air. Kemudian, telur menetas menjadi jentik jentik, berlanjut menjadi pupa. Pupa berkembang menjadi nyamuk muda, lalu berkembang lagi menjadi nyamuk dewan
materi ajar ipa tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Demikianlah, tentang materi ajar Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu, Katak, dan Nyamuk diatas semoga bermanfaat. 

Soal IPA ALAT PERNAPASAN

Pilihlah jawaban yang benar!
 
1. Rambut-rambut halus dan selaput lendir yang ada di hidung berfungsi untuk ….
a. menghambat udara
b. membuang kotoran
c. menyaring udara
d. menambah udara
 
2. Hewan-hewan di bawah ini yang bernafas dengan paru-paru adalah ….
a. kadal, katak, kelelawar
b. kupu-kupu
c. kecoak, ular, nyamuk
d. mujair, kucing, anjing
 
3. Asap rokok berbahaya bagi alat pernapasan karena mengandung zat …..
a. karbondioksida
b. karbonmonoksida
c. oksigen
d. nikotin
 
4. Lalat dan kupu-kupu bernapas dengan menggunakan ….
a. trakea
b. insang
c. kulit
d. paru-paru
 
5. Paru-paru manusia dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut ….
a. bronkus
b. alveolus
c. pulmo
d. pleura
 
6. Bronkus memiliki cabang yang disebut ….
a. bronkiolus
b. faring
c. trakea
d. paru-paru
 
7. Gangguan pernapasan yang disebabkan karena peradangan pada bronkus, yaitu ….
a. influenza
b. TBC
c. bronkitis
d. asma
 
8. Upaya untuk menjaga kesehatan alat pernapasan, salah satunya adalah ….
a. tinggal di lingkungan ber-AC
b. berolahraga secara teratur
c. tinggal di daerah dingin
d. menutup mulut dengan tangan
 
9. Udara bersih yang diperoleh saat bernapas akan dibawa oleh sel-sel darah ke seluruh tubuh untuk ….
a. dibersihkan
b. pembakaran zat-zat makanan
c. menghangatkan tubuh
d. membunuh kuman penyakit
 
10. Pada sat terbang burung bernapas dengan bantuan ….
a. pundi-pundi udara
b. paru-paru
c. insang
d. trakea
 
Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar!
1. Pada manusia pernapasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu
     pernapasan …. dan ….
2. Infuenza merupakan penyakit pada saluran pernapasan yang
     disebabkan oleh ….
3. Alat pernapasan manusia yang merupakan tempat pertukaran gas
     karbondioksida dan uap air dengan oksigen adalah ….
4. Katak dewasa bernapas dengan ….
5. Tempat pertukaran udara pada insang adalah ….
6. Cacing bernapas dengan menggunakan ….
7. Cara menjaga kesehatan alat pernapasan adalah dengan cara …
     dengan rutin
8. Burung bernapas dengan ….
9. Tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida adalah ….
10. Alat pernapasan pada lebah adalah ….
 
Jawablah dengan singkat dan tepat!
1. Tuliskan bagian alat pernapasan pada manusia!
2. Tuliskanlah 3 cara menjaga kesehatan alat pernapasan!
3. Tuliskanlah 4 hewan mamalia yang bernapas dengan paru-paru!
4. Jika ada teman yang sakit flu. Apa yang harus kamu lakukan agar
     kamu tak tertular dan tak menyinggung perasaan?
5. Apa yang dimaksud dengan pernapasan dada?
Sumber:http://www.solusipintar.net

soal ipa ALAT PENCERNAAN

Pilihlah jawaban yang benar!
 
1. Lidah berfungsi untuk ….
     a. menghancurkan makanan
     b. menelan makanan
     c. melumatkan makanan
     d. memotong makanan
2. Organ yang berfungsi menyerap sari-sari makanan adalah
      ….
     a. mulut
     b. kerongkongan
     c. lambung
     d. usus halus
3. Gerakan meremas dan mendorong makanan yang dilakukan
     kerongkongan agar makanan masuk ke lambung disebut
     gerakan ….
     a. kontraksi
     b. relaksasi
     c. peritaltik
     d. rotasi
4. Gigi seri berfungsi untuk ….
      a. menggilas makanan
      b. merobek makanan
      c. mengoyak makanan
      d. memotong makanan
5. Pencernaan makanan yang menyebabkan perubahan
      bentuk dan ukuran makan disebut pencernaan ….
     a. biologis
     b. kimiawi
     c. fisika
     d. mekanis
6. Bagian pangkal lidah berfungsi untuk merasakan ….
     a. manis
     b. pahit
     c. asam
     d. asin
7. Gigi yang berfungsi untuk menghaluskan makanan adalah
      ….
     a. seri
     b. geraham
     c. susu
     d. taring
8. Organ pencernaan yang tidak hanya berfungsi mencerna
      makanan secara mekanik, tetapi jua berfungsi untuk
      membunuh kuman yang berada dalam bahan makanan
      adalah ….
     a. lambung
     b. mulut
     c. tenggorokan
     d. usus besar
9. Enzim ptialin dihasilkan oleh ….
     a. usus besar
     b. kelenjar ludah
     c. usus kecil
     d. lambung
10. Asam klorida (HCI) yang dihasilkan lambung berfungsi
      untuk ….
      a. menyerap sari makanan
      b. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
      c. melarutkan makanan yang keras
      d. menghaluskan makanan
 
 Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar!
1. Mengatur letak makanan pada waktu mengunyah, membantu menelan
     makanan dan mengecap rasa makanan adalah fungsi dari ….
2. Bagian saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut
    dengan lambung adalah ….
3. Osteoporosis adalah penyakit keroposnya tulang yang disebabkan
    tubuh kekurangan ….
4. Gigi yang berfungsi untuk mengkoyak makanan adalah ….
5. Makanan yang ada dalam mulut dikunyah oleh ….
6. Yang mengatur letak makanan dalam mulut agar terkunyah dengan
     baik adalah ….
7. Proses pencernaan makanan yang dilakukan oleh gigi  dan lidah
    disebut ….
8. Enzim yang mengubah zat tepung menjadi zat gula disebut ….
9. Bakteri yang berperan dalam pembusukan sisa-sisa makanan adalah ….
10. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada ….
 
Jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat!
1. Sebutkan alat-alat pencernaan manusia secara berurutan!
2. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang!
3. Tuliskan 6 zat gizi yang terkandung dalam makanan!
4. Sebutkan kegunaan dari zat besi!
5. Sebutkan cara meningkatkan kesehatan alat pencernaan!
Sumber:http://www.solusipintar.net