Selasa, 14 Juli 2020

NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA


Assalamu'alaiku Wr.Wb.
Bagaimana kabarmu hari ini senmoga menyenangkan dan lebih baik dari hari kemaren. pada pertemuan sesi ini mari kita lanjutkan kegiatan belajar kita tentang nilai nilai Panca sila.
Sebelum kita lebih jau membahas tentangnilai-nilai Pancasila mari kita awali kesempatan hari ini dengan membaca do'a terlebih dahulu,,,,,,,,,,,  Amin.
Mari kita simak bersama materi di bawah ini dibaca secara senyap
Negara Indonesia merupakan negara yang berdaulat dengan sebuah ideologi bernama ideologi Pancasila. Ideologi pancasila berarti Pancasila digunakan sebagai fundamental dalam tatanan negara dan tujuan dari negara Indonesia.
Pancasila adalah ideologi dasar bangsa Indonesia. Pancasila sendiri berasal dari kata panca yang artinya lima dan sila yang artinya peraturan/asas jadi pancasila artinya lima asas yang proses terbentuknya 5 sila telah melalui banyak perdebatan. Pancasila dibuat untuk ditaati oleh seluruh rakyat Indonesia karena pancasila adalah dasar negara yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia jadi 5 sila tersebut harus diamalkan dalam kehidupan sehari hari.
Berikut ini terdapat beberapa nilai-nilai dalam pancasila sila ke-1 sampai ke-5, terdiri atasi:

  1. Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-1

Nilai ketuhanan Yang Maha Esa Negara Indonesia merupakan negara yang berdaulat dengan sebuah ideologi bMengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memiliki arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antar umat beragama.
Pada sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, nilai-nilai yang terkandung adalah :
  • Percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  • Saling menghormati pemeluk agama lain.
  • Memiliki toleransi antar umat beragama.
  • Tidak memaksakan kehendak antar umat beragama.
  • Tidak mencemooh atau mengejek kepercayaan orang lain.
  1. Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagai mana mestinya.
Sila kedua berbunyi Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab memiliki nilai-nilai yang terkandung sebagai berikut :
  • Semua rakyat Indonesia memiliki hak yang sama di mata hukum, agama, masyarakat dan lainnya.
  • Tidak ada perbedaan antara ras satu dengan yang lainnya antar sesama rakyat Indonesia.
  • Sikap tenggang rasa dan saling tolong menolong harus diutamakan.
  • Nilai kemanusiaan antar rakyat Indonesia harus dijunjung tinggi.
  • Saling menghargai pendapat masing-masing.
  1. Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-3

Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha kearah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia.
Secara umum dapat dilihat dalam penjelasan berikut ini :
  • Mengembangkan sikap saling menghargai antar suku, agama, ras, dan antar golongan.
  • Mengembangkan sikap saling asah, saling asih, dan saling asuh.
  • Tidak membeda-bedakan warna kulit, suku dan etnik.
  • Membina persatuan dan kesatuan demi terwujudnya kemajuan bangsa dan Negara.
  • Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-4

  • Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
    Secara umum dapat dilihat dalam penjelasan berikut ini :
    Sila keempat yang berbunyi Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan memiliki nilai-nilai diantara lain:
    • Pemimpin bangsa Indonesia haruslah bijaksana.
    • Kekeluargaan harus diutamakan.
    • Kedaulatan bangsa ada di tangan rakyat.
    • Kebijaksanaan dalam mengambil solusi.
    • Keputusan yang diambil harus berdasarkan musyawarah sampai mencapai kesepakatan bersama.
    • Tidak memaksakan kehendak orang lain.
    1. Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-5

    Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah dan batiniah.
    Sila terakhir pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia ini memuat nilai-nilai sebagai berikut:
    • Perilaku yang adil harus diterapkan baik di bidang ekonomi, sosial dan politik.
    • Hak dan kewajiban setiap orang harus dihormati.
    • Perwujudan keadilan sosial bagi bangsa Indonesia.
    • Tujuan rakyat Indonesia yang adil dan makmur.
    • Mendukung kemajuan dan pembangunan negara Indonesia.
    Kalau sudah membaca materi tersebut diatas mari kita buka buku siswa halaman 22 - 27. kalian pahami semua materi dalam buku siswa . dan jika ada kesulitan silahkan ajukan pertanyan di grub WA.
    selajutnya kerjkan tugasyang ada dibuku siswa hal 26 dan 27.jangan lupa setiap mengumpulkan tugas bagian atas jawaban di tulis nama. dan tugas di kumpulkan melalui ling berikut ini : 


    Dan juga kamu bisa download Aplikasi media pembelajaran PPKn  melalui link berikut ini : https://bit.ly/pancasilaapk

    Demikian kegiatan hari ini tentang nilai-nilai Pancasila semoga kita bisa memahami dengan baik dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    Assalamu'alaiku Wr.Wb.

                                   https://saintif.com/nilai-nilai-pancasila/

    Kamis, 16 April 2020

    REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR : PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF TUMBUHAN IPA SD KELAS 6

      Assalamualaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakatuh berjumpa lagi dengan saya bapak Abdul Hamid dari SDN 1 juglangan Panji Situbondo peserta VCT Bacth 5 Jatim 104.1 Pada kesempatan kali ini saya akan menyelesaikan tugas 2 VCT yaitu tentang review konten rumah belajar dengan speech to text dan tex to speech. pada saat ini bahan ajar yang akan saya review adalah bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan.



    Pertama kali yang kita lakukan adalah Membuka halaman rumah belajar yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id kemudian kita login  akun Kita Rumah Belajar yang kita miliki, kalau belum mempunyai akun bisa melakukan proses registrasi terlebih dahulu dengan mengisi form yang sudah disediakan. 

    Setelah proses registrasi selesai kita bisa langsung login dan masuk pada fitur utama sumber belajar dan setelah kita klik, kita bisa memilih sumber belajar sesuai dengan jenjang sekolah yang kita inginkan. kemudian kita pilih jenjang SD kelas 6 kita pilih kita. Setelah itu kita akan menemui macam macam materi IPA kelas 6 selanjutnya kita pilih konten materi perkembangbiakan generatif tumbuhan kita klik dan akan menemukan konten materi tersebut dalam bentuk Adobe Flash.
    Konten materi ini sangat menarik dan bagus para siswa sebagai bahan ajar Mandiri, maupun sebagai media pembelajaran di dalam kelas. Pada konten ini ada menu materi yang berisi teori singkat, menu bagian-bagian bunga, menu bagian bunga lengkap dan tidak lengkap, menu proses penyerbukan dan menu latihan yang berupa soal tes yang disiapkan untuk uji kemampuan peserta didik secara mandiri. Konten ini sangat interaktif bagi para siswa namun masih ada beberapa masukan yang perlu saya sampaikan kepada tim pengembang konten tersebut sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya.

    Masukkan pertama tampilan pada konten konten ini sudah sangat baik tampilannya menarik namun akan lebih baik dan sempurna lagi apabila pada tampilan konten ini ditampilkan suara, sehingga tampilan konten ini akan lebih interaktif lagi dan komunikatif. Sehingga tampilan konten ini akan lebih hidup lagi Sebagai contoh pada menu materi tampilannya tidak hanya berupa gambar dan juga Uraian singkat namun ada suara berupa penjelasan dari uraian materi tersebut.


    Masukan kedua dari kami yaitu tentang bagian-bagian bunga, pada menu ini hanya menampilkan gambar bunga saja yaitu bunga sepatu alangkah baiknya lagi untuk lebih memperjelas dan komunikatif dan tidak menimbulkan multitafsir pada siswa tentang gambar yang disajikan dalam konten ini, sebaiknya gambar pada bagian bunga ini menunjukkan gambar bagian-bagian dari bunga itu sendiri. Sebagai contoh misalnya kelopak bunga, gambar konten ini tidak bisa melihat dimana kelopak bunga itu sendiri, alangkah baiknya pada konten ini ditunjukkan berupa gambar Bagaimana bentuk kelopak bunga dan dimana letaknya dan juga fungsinya. Di sinilah yang dimaksud perlu adanya tampilan suara penjelasan dari pada konten ini yang tidak tertulis dalam uraian narasi dalam tampilan konten ini.

    Masukkan Yang   ketiga tentang soal pada konten ini pada dasarnya soalnya sangat menarik. alangkah menariknya lagi dan lebih menambah pemahaman siswa tentang materi yang dipelajarinya, soal ditambah lagi tentang bagian-bagian dari bunga ataupun fungsi dari bagian-bagian dari bunga. 

    Masukan yang keempat perlunya adanya waktu atau limit waktu pada konten soal tujuannya siswa dalam mengerjakan tugas ini lebih memperhatikan dan melatih diri dengan lebih serius, karena adanya timer waktunya para siswa bisa belajar untuk memanage waktu dengan baik.


    Demikian review saya tentang konten rumah belajar bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan, berikut saya lampirkan juga video proses review konten Rumah Belajar dengan aplikasi Speech To Text (STT) pada android dan selanjutnya file teks yang di peroleh, saya copy paste ke aplikasi Text to Speech pada android. berikut link videonya :https://youtu.be/1jIvWjBuxW0

    "SALAM HEBAT UNTUK PARA GURU HEBAT"




    CARA HEWAN BERTAHAN HIDUP

     Semua makhluk hidup di dunia ini melakukan adaptasi. Adaptasi merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal hidupnya . Tidak hanya manusia saja, hewan dan tumbuh-tumbuhan pun juga melakukan adaptasi bila mereka ada di lingkungan yang bar lingkungan tertentu, atau setelah mengalami peristiwa atau kondisi baru. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, terkait dengan keadaan alam berpengaruh dengan kondisi tubuh atau tidak atau bagaimana cara mencari makan agar bertahan hidup, cara berkembangbiak hewan dan lain sebagainya. Berikut seb beberapa hewan yang beradaptasi untuk melindungi diri dari musuhnya sebagai berikut:

    1.BUNGLON

    Cara Bunglon Beradaptasi dengan Lingkungan menggunakan metode Mimikri adalah trik melindungi dirinya dari musuh, yakni merubah warna tubuh menyerupai tempat yang di tempatinya. Pada saat bunglon berada di pohon maka warnanya akan berubah menjadi kecoklatan, jika ia hinggap pada dedaunan maka warna yang terjadi adalah hijau. Perubahan warna kulit pada bunglon inilah yang disebut Mimikri.

    2. WALANG SANGIT
           Walang sangit merupakan hama bagi tanaman padi. Cara walang  sangit melindungi diri    dari musuhnya yaitu dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
    3. HARIMAU 
    Harimau, anjing dan singa melindungi diri dari musuhnya dengan menggunakan kuku dan gigi yang tajam.




    Sabtu, 28 Maret 2020

    SOAL LATIHAN PAT KELAS 6 TAHUN 2020

    Assalamu'alaikum .Wr.Wb

    Salam hebat untuk kita semua semoga di kesempatan yang berbahagia ini kita masih dalam lindunganNya amin...

    Sampai detik ini penyebaran virus Covid 19 di negara Indonesia terus meleluas seiring usaha pemerintah dalam melakukan usaha dalam penanganan pencegahan penyebaran Virus Covid 19. Dengan adanya penyebaran virus Covid 19 secara global mempengaruh semua pola hidup manusia, tak luput juga dunia pendidikan terdampak pengaruh virus Covid 19 sehingga banyak kebijak yang di ambil pemerintah selama keadaan darut virus Covid 19, salah satunya kebijakan pembelajaran daring / belajar dari rumah (BDR) bagi semua jenjang pendidikan mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Maka dari itu dalam kesempatan ini saya sedikit ingin berbagi file soal PAT tahun 2019 untuk siswa kelas 6. mungkin bisa dijadikan sebagai bahan penugasan bagi peserta didik kita selama kegiatan belajar dari rumah (BDR). Berikut link filenya silahkan di klik semoga bermanfaat ;

    SOAL PAT MATEMATIKA : https://bit.ly/3ariP8o

    SOAL PAT PAI                      : https://bit.ly/2QRKjMt

    SOAL PAT PJOK                   : https://bit.ly/2WR34U8

    SOAL PAT TEMA 6              : https://bit.ly/2UH1QbA

    SOAL PAT TEMA 7              : https://bit.ly/2WQjfBl

    SOAL PAT TEMA 8              : https://bit.ly/3bq1Y5Y

    SOAL PAT TEMA 9              : https://bit.ly/2wMOmmD

    SOAL PAT B.INGGRIS        : https://bit.ly/2WMG2hj

    SOAL PAT B.MADURA      : https://bit.ly/2UGtcP6

    SOAL PAT BTHQ                : https://bit.ly/2wBBMXo


    Senin, 17 Februari 2020

    AMIL DAN RUHIT


    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Halo semua sobat pembaca yang berbahagia semoga hari ini cukup menyenangkan,seperti pengalamanku hari ini.Cukup menyenangkan kiranya hari ini bagi saya, dimana tampa saya sadari bisa menemukan metode belajar ala cara berfikir saya. Apa itu sobat pembaca yang berbahagia....tentunya anda penasaran. Namun sebelumnya sanya mohon maaf jika metode yang saya temukan ini kurang efektif bahkan jauh dari kesempurnaan serta dianggap bukan sebuah metode, tapi tidak apa apa itulah saya, mencoba untuk merdeka menjadi seorang guru dalam mengajar di dalam kelas.Maka dari itu saya mohon saran dan masukannya demi sebuah kesempurnaan yang saya perbuat.

    Coba sobat perhatikan judul bacaan yang saya tulis "AMIL DAN RUHIT" sepintas kalau kita baca judul diatas mirip dengan nama seseorang.Tapi itu bukan judul dari sebuah dongeng, sebenarnya adalah akronim dari metode yang saya temukan hari ini didalam kelas disaat menyampaikan materi pelajaran matematika kelas 6 tentang luas permukaan gabungan bangun ruang .

    Apa sih...kepanjangan dari nama metode yang saya temukan itu ? kata "AMIL DAN RUHIT" merupakan kepanjagan dari :
    1. AMatilah
    2. hILangkan
    3. RUmuskan
    4. hITunglah

    Terus bagaimana cara menerapkan metode "AMIL DAN RUHIT" pada materi pelajaran matematika kelas 6 tentang luas permukaan gabungan bangun ruang. sebagai contoh soalnya sebagai berikut :
    Hitunglah luas permukaan bangun ruang berikut ini !


    Untuk menyelesaikan soal seperti diatas dengan menggunakan metode AMIL dan RUHIT  dengan langka-langka sebagai berikut;
    1. AMatilah
        Maksud kata amatilah disi siswa harus mampu mengamati gambar dengan teliti menggunakan
        pola pikir dengan pertanyaan "bangun ruang apa saja yang tampak pada gambar ?" tentunya
        dengan ini siswa mulai berpikir dan membangun materi pelajaran sebelumnya  didalam benak
        pikirannya, tentu jawaban yang terbangun bahwa pada gambar  tampak bangun ruang kubus dan
        limas segi empat.

    2. hILangkan
        Maksud dari kata hilangkan adalah bahwa disini siswa diajak untuk berpikir dengan  pola pikir
        dengan pertanyaan "sisi bangun ruang apa saja yang didak tampak atau hilang pada gambar ?"
        tentunya dengan ini siswa mulai berpikir dan membangun materi pelajaran sebelumnya didalam
        benak pikirannya, tentu jawaban yang terbangun bawah bagian sisi bagun rung yang berhimpitan
        akan hilang atau tidak tampak pada gambar, nyaitu :
        a. alas bangun ruang limas segi empat yang berbentuk segi empat
        b. tutup bangun ruang kubus yang berbentuk segi empat
       dari dua pernyataan diatas secara logika dapat dimbil sebuah kesimpulan bahwa ada dua
       bagun sisi yang berbentuk bangun datar segi empat yang hilang.

    3. RUmuskan
        arti kata rumuskan adalah bahwa disini siswa diajak untuk berpikir dengan  pola pikir
        dengan sebuah penyataan bahwa rumus luas permukaan gabungan bangun ruang antara  limas segi
        empat dan kubus, sama halnya mencari luas permukaan limas segi empat dengan kubus tampa     
        tutup dan alas. Sehingga diperoleh rumus :

        Luas permukaan total = luas permukaan limas segi empat + luas permukaan  kubus tampa                                                                                                                     tutup dan alas
                                            = (L.alas + (4 x L.sisi tegak )) + (4 x (s x s))
                      L.permukaan = (s x s + ( 4 x 1/2 x a x t ) ) + (4 x (s x s))

       jadi dalam hal ini siswa dituntut mampu membangun atau mengkreasi rumus baru.

    4. hITunglah
        Yang terakhir hitunglah disini siswa diharuskan mampu menerapkan rumus yang mereka
        kreasikan atau di temukan untuk menyelesaikan soal luas permukaan gabungan bangun ruang.
        terkait dengan soal diatas dapat diselesaikan sebagai berikut :
                      L.permukaan = (s x s + ( 4 x 1/2 x a x t ) ) + (4 x (s x s))
                                            = ( 12 x 12 + ( 4 x 1/2 x 6 x 10) + ( 4 x ( 12 x 12 )
                                            = ( 144 +10) + ( 4 x 144)
                                            = 154 + 576
                                            = 730 cm2

    Dari semua penjelasan diatas saya mengambil kesimpulan bahwa metode ini cukup efektif untuk diterapkan karena disini dari langka pertama sampai terakhir melatih daya nalar siswa untuk berfikir secara ilmiah mulai dari proses mengamati, menemukan ,merumuskan dan terakhir menerapkan intinya melatih siswa berfikir kritis dan ilmiah. Yang menjadi pertanyaan besar dalam diri saya adalah " dapat kah metode AMIL dan RUHIT ini diterap pada materi matematika lainya atau mata pelajaran selain matematika? ". Demikian pengalaman mengajarku hari ini saya sangat bersyukur mudah-mudahan besok tuhan memberikan rasa senang seperti hari ini....Amin.....

    Sabtu, 07 September 2019

    Minggu, 25 Agustus 2019

    REVIEW TENTANG RUMABELAJAR :" VIDIO FUNGSI ORGAN PENCERNAAN DAN PERKEMBANGBIKAN PADA HEWAN"

    Assalamualaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakatuh bersama saya Abdul Hamid SPD cari SDN 1 juglangan pada kesempatan berbahagia ini saya akan mereview http://rumahbelajar.id/ sebagai tugas VCT bacth 5 Jawa Timur 104.1




    Langkah pertama yang saya lakukan adalah masuk halaman rumah belajar :http://rumahbelajar.id/  setelah kita masuk halaman rumah belajar id kita langsung mengisi kolom pencarian sesuai dengan materi yang kita kuasai karena saya guru SD maka pada Kolom pencarian tulis IPA SD. Kemudian klik akan muncul tampilan seperti berikut ini materi IPA ada pada sekolah dasar. 



    Pada kesempatan ini Saya akan mencoba mereview video tentang fungsi organ pada pencernaan. Mari saksikan video berikut ini:https://www.youtube.com/watch?v=CmFT1TYF-80&feature=youtu.be

    Setelah saya menyaksikan video ini video ini sangat menarik sekali namun ada beberapa masukan terkait dengan tayangan video yang telah kita saksikan tadi;
    pertama alangkah baiknya sebelum menyampaikan soal kepada para siswa sebaiknya narasumber memberikan Uraian singkat materi fungsi organ pencernaan, misalnya dalam bentuk tampil gambar animasi lebih menarik perhatian para siswa.  
    Kedua video ini lebih  mengarah pada pembahasan soal-soal yang berkaitan tentang  fungsi organ pencernaan. 
    Ketiga untuk mengurangi rasa jenuh alangkah baiknya video ini di beri backsoud dengan  suara yang tidak terlalu nyaring.

    Demikian review dan masukan saya terkait dengan vidio pembelajaran ke satu tentang fungsi organ pencernaan.

    Bapak Ibu guru hebat semuanya untuk review kedua tentang rumah belajar adalah materi yang sama yaitu IPA tentang vidio pembelajaran tentang Perkembangbiakan hewan. Mari saksikan video berikut ini:https://www.youtube.com/watch?v=CmFT1TYF-80&feature=youtu.be

    Pada vidio penyampaiannya sangat baik sekali dibandingkan dengan vidio yang pertama. untuk vidio kedua ;
    Pertama dimana nara sumber diawali dengan uraian singkat materi dan apersepsi untuk mengetahui seajauh mana kemanpuan siswa terhadap materi yang akan di sampaikan sebelum bemberikan soal.
    Kedua  alangka baiknya soal yang di berikan kepada siswa adalah soal yang bisa langsung di gunakan siswa dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash.

    Demikian review saya tentang konten rumah belajar bahan ajar IPA SD  pada materi fungsi organ pencernaan dan perkembangbikan pada hewan, berikut saya lampirkan juga video proses review konten Rumah Belajar dengan aplikasi Speech To Text (STT) pada android dan selanjutnya file teks yang di peroleh, saya copy paste ke aplikasi Text to Speech pada android. berikut link videonya :https://youtu.be/TY7H2JLVp4Q