Kamis, 16 April 2020

REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR : PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF TUMBUHAN IPA SD KELAS 6

  Assalamualaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakatuh berjumpa lagi dengan saya bapak Abdul Hamid dari SDN 1 juglangan Panji Situbondo peserta VCT Bacth 5 Jatim 104.1 Pada kesempatan kali ini saya akan menyelesaikan tugas 2 VCT yaitu tentang review konten rumah belajar dengan speech to text dan tex to speech. pada saat ini bahan ajar yang akan saya review adalah bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan.



Pertama kali yang kita lakukan adalah Membuka halaman rumah belajar yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id kemudian kita login  akun Kita Rumah Belajar yang kita miliki, kalau belum mempunyai akun bisa melakukan proses registrasi terlebih dahulu dengan mengisi form yang sudah disediakan. 

Setelah proses registrasi selesai kita bisa langsung login dan masuk pada fitur utama sumber belajar dan setelah kita klik, kita bisa memilih sumber belajar sesuai dengan jenjang sekolah yang kita inginkan. kemudian kita pilih jenjang SD kelas 6 kita pilih kita. Setelah itu kita akan menemui macam macam materi IPA kelas 6 selanjutnya kita pilih konten materi perkembangbiakan generatif tumbuhan kita klik dan akan menemukan konten materi tersebut dalam bentuk Adobe Flash.
Konten materi ini sangat menarik dan bagus para siswa sebagai bahan ajar Mandiri, maupun sebagai media pembelajaran di dalam kelas. Pada konten ini ada menu materi yang berisi teori singkat, menu bagian-bagian bunga, menu bagian bunga lengkap dan tidak lengkap, menu proses penyerbukan dan menu latihan yang berupa soal tes yang disiapkan untuk uji kemampuan peserta didik secara mandiri. Konten ini sangat interaktif bagi para siswa namun masih ada beberapa masukan yang perlu saya sampaikan kepada tim pengembang konten tersebut sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya.

Masukkan pertama tampilan pada konten konten ini sudah sangat baik tampilannya menarik namun akan lebih baik dan sempurna lagi apabila pada tampilan konten ini ditampilkan suara, sehingga tampilan konten ini akan lebih interaktif lagi dan komunikatif. Sehingga tampilan konten ini akan lebih hidup lagi Sebagai contoh pada menu materi tampilannya tidak hanya berupa gambar dan juga Uraian singkat namun ada suara berupa penjelasan dari uraian materi tersebut.


Masukan kedua dari kami yaitu tentang bagian-bagian bunga, pada menu ini hanya menampilkan gambar bunga saja yaitu bunga sepatu alangkah baiknya lagi untuk lebih memperjelas dan komunikatif dan tidak menimbulkan multitafsir pada siswa tentang gambar yang disajikan dalam konten ini, sebaiknya gambar pada bagian bunga ini menunjukkan gambar bagian-bagian dari bunga itu sendiri. Sebagai contoh misalnya kelopak bunga, gambar konten ini tidak bisa melihat dimana kelopak bunga itu sendiri, alangkah baiknya pada konten ini ditunjukkan berupa gambar Bagaimana bentuk kelopak bunga dan dimana letaknya dan juga fungsinya. Di sinilah yang dimaksud perlu adanya tampilan suara penjelasan dari pada konten ini yang tidak tertulis dalam uraian narasi dalam tampilan konten ini.

Masukkan Yang   ketiga tentang soal pada konten ini pada dasarnya soalnya sangat menarik. alangkah menariknya lagi dan lebih menambah pemahaman siswa tentang materi yang dipelajarinya, soal ditambah lagi tentang bagian-bagian dari bunga ataupun fungsi dari bagian-bagian dari bunga. 

Masukan yang keempat perlunya adanya waktu atau limit waktu pada konten soal tujuannya siswa dalam mengerjakan tugas ini lebih memperhatikan dan melatih diri dengan lebih serius, karena adanya timer waktunya para siswa bisa belajar untuk memanage waktu dengan baik.


Demikian review saya tentang konten rumah belajar bahan ajar IPA kelas 6 pada materi perkembangbiakan generatif tumbuhan, berikut saya lampirkan juga video proses review konten Rumah Belajar dengan aplikasi Speech To Text (STT) pada android dan selanjutnya file teks yang di peroleh, saya copy paste ke aplikasi Text to Speech pada android. berikut link videonya :https://youtu.be/1jIvWjBuxW0

"SALAM HEBAT UNTUK PARA GURU HEBAT"




CARA HEWAN BERTAHAN HIDUP

 Semua makhluk hidup di dunia ini melakukan adaptasi. Adaptasi merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal hidupnya . Tidak hanya manusia saja, hewan dan tumbuh-tumbuhan pun juga melakukan adaptasi bila mereka ada di lingkungan yang bar lingkungan tertentu, atau setelah mengalami peristiwa atau kondisi baru. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, terkait dengan keadaan alam berpengaruh dengan kondisi tubuh atau tidak atau bagaimana cara mencari makan agar bertahan hidup, cara berkembangbiak hewan dan lain sebagainya. Berikut seb beberapa hewan yang beradaptasi untuk melindungi diri dari musuhnya sebagai berikut:

1.BUNGLON

Cara Bunglon Beradaptasi dengan Lingkungan menggunakan metode Mimikri adalah trik melindungi dirinya dari musuh, yakni merubah warna tubuh menyerupai tempat yang di tempatinya. Pada saat bunglon berada di pohon maka warnanya akan berubah menjadi kecoklatan, jika ia hinggap pada dedaunan maka warna yang terjadi adalah hijau. Perubahan warna kulit pada bunglon inilah yang disebut Mimikri.

2. WALANG SANGIT
       Walang sangit merupakan hama bagi tanaman padi. Cara walang  sangit melindungi diri    dari musuhnya yaitu dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
3. HARIMAU 
Harimau, anjing dan singa melindungi diri dari musuhnya dengan menggunakan kuku dan gigi yang tajam.




Sabtu, 28 Maret 2020

SOAL LATIHAN PAT KELAS 6 TAHUN 2020

Assalamu'alaikum .Wr.Wb

Salam hebat untuk kita semua semoga di kesempatan yang berbahagia ini kita masih dalam lindunganNya amin...

Sampai detik ini penyebaran virus Covid 19 di negara Indonesia terus meleluas seiring usaha pemerintah dalam melakukan usaha dalam penanganan pencegahan penyebaran Virus Covid 19. Dengan adanya penyebaran virus Covid 19 secara global mempengaruh semua pola hidup manusia, tak luput juga dunia pendidikan terdampak pengaruh virus Covid 19 sehingga banyak kebijak yang di ambil pemerintah selama keadaan darut virus Covid 19, salah satunya kebijakan pembelajaran daring / belajar dari rumah (BDR) bagi semua jenjang pendidikan mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Maka dari itu dalam kesempatan ini saya sedikit ingin berbagi file soal PAT tahun 2019 untuk siswa kelas 6. mungkin bisa dijadikan sebagai bahan penugasan bagi peserta didik kita selama kegiatan belajar dari rumah (BDR). Berikut link filenya silahkan di klik semoga bermanfaat ;

SOAL PAT MATEMATIKA : https://bit.ly/3ariP8o

SOAL PAT PAI                      : https://bit.ly/2QRKjMt

SOAL PAT PJOK                   : https://bit.ly/2WR34U8

SOAL PAT TEMA 6              : https://bit.ly/2UH1QbA

SOAL PAT TEMA 7              : https://bit.ly/2WQjfBl

SOAL PAT TEMA 8              : https://bit.ly/3bq1Y5Y

SOAL PAT TEMA 9              : https://bit.ly/2wMOmmD

SOAL PAT B.INGGRIS        : https://bit.ly/2WMG2hj

SOAL PAT B.MADURA      : https://bit.ly/2UGtcP6

SOAL PAT BTHQ                : https://bit.ly/2wBBMXo


Senin, 17 Februari 2020

AMIL DAN RUHIT


Assalamu'alaikum Wr.Wb
Halo semua sobat pembaca yang berbahagia semoga hari ini cukup menyenangkan,seperti pengalamanku hari ini.Cukup menyenangkan kiranya hari ini bagi saya, dimana tampa saya sadari bisa menemukan metode belajar ala cara berfikir saya. Apa itu sobat pembaca yang berbahagia....tentunya anda penasaran. Namun sebelumnya sanya mohon maaf jika metode yang saya temukan ini kurang efektif bahkan jauh dari kesempurnaan serta dianggap bukan sebuah metode, tapi tidak apa apa itulah saya, mencoba untuk merdeka menjadi seorang guru dalam mengajar di dalam kelas.Maka dari itu saya mohon saran dan masukannya demi sebuah kesempurnaan yang saya perbuat.

Coba sobat perhatikan judul bacaan yang saya tulis "AMIL DAN RUHIT" sepintas kalau kita baca judul diatas mirip dengan nama seseorang.Tapi itu bukan judul dari sebuah dongeng, sebenarnya adalah akronim dari metode yang saya temukan hari ini didalam kelas disaat menyampaikan materi pelajaran matematika kelas 6 tentang luas permukaan gabungan bangun ruang .

Apa sih...kepanjangan dari nama metode yang saya temukan itu ? kata "AMIL DAN RUHIT" merupakan kepanjagan dari :
1. AMatilah
2. hILangkan
3. RUmuskan
4. hITunglah

Terus bagaimana cara menerapkan metode "AMIL DAN RUHIT" pada materi pelajaran matematika kelas 6 tentang luas permukaan gabungan bangun ruang. sebagai contoh soalnya sebagai berikut :
Hitunglah luas permukaan bangun ruang berikut ini !


Untuk menyelesaikan soal seperti diatas dengan menggunakan metode AMIL dan RUHIT  dengan langka-langka sebagai berikut;
1. AMatilah
    Maksud kata amatilah disi siswa harus mampu mengamati gambar dengan teliti menggunakan
    pola pikir dengan pertanyaan "bangun ruang apa saja yang tampak pada gambar ?" tentunya
    dengan ini siswa mulai berpikir dan membangun materi pelajaran sebelumnya  didalam benak
    pikirannya, tentu jawaban yang terbangun bahwa pada gambar  tampak bangun ruang kubus dan
    limas segi empat.

2. hILangkan
    Maksud dari kata hilangkan adalah bahwa disini siswa diajak untuk berpikir dengan  pola pikir
    dengan pertanyaan "sisi bangun ruang apa saja yang didak tampak atau hilang pada gambar ?"
    tentunya dengan ini siswa mulai berpikir dan membangun materi pelajaran sebelumnya didalam
    benak pikirannya, tentu jawaban yang terbangun bawah bagian sisi bagun rung yang berhimpitan
    akan hilang atau tidak tampak pada gambar, nyaitu :
    a. alas bangun ruang limas segi empat yang berbentuk segi empat
    b. tutup bangun ruang kubus yang berbentuk segi empat
   dari dua pernyataan diatas secara logika dapat dimbil sebuah kesimpulan bahwa ada dua
   bagun sisi yang berbentuk bangun datar segi empat yang hilang.

3. RUmuskan
    arti kata rumuskan adalah bahwa disini siswa diajak untuk berpikir dengan  pola pikir
    dengan sebuah penyataan bahwa rumus luas permukaan gabungan bangun ruang antara  limas segi
    empat dan kubus, sama halnya mencari luas permukaan limas segi empat dengan kubus tampa     
    tutup dan alas. Sehingga diperoleh rumus :

    Luas permukaan total = luas permukaan limas segi empat + luas permukaan  kubus tampa                                                                                                                     tutup dan alas
                                        = (L.alas + (4 x L.sisi tegak )) + (4 x (s x s))
                  L.permukaan = (s x s + ( 4 x 1/2 x a x t ) ) + (4 x (s x s))

   jadi dalam hal ini siswa dituntut mampu membangun atau mengkreasi rumus baru.

4. hITunglah
    Yang terakhir hitunglah disini siswa diharuskan mampu menerapkan rumus yang mereka
    kreasikan atau di temukan untuk menyelesaikan soal luas permukaan gabungan bangun ruang.
    terkait dengan soal diatas dapat diselesaikan sebagai berikut :
                  L.permukaan = (s x s + ( 4 x 1/2 x a x t ) ) + (4 x (s x s))
                                        = ( 12 x 12 + ( 4 x 1/2 x 6 x 10) + ( 4 x ( 12 x 12 )
                                        = ( 144 +10) + ( 4 x 144)
                                        = 154 + 576
                                        = 730 cm2

Dari semua penjelasan diatas saya mengambil kesimpulan bahwa metode ini cukup efektif untuk diterapkan karena disini dari langka pertama sampai terakhir melatih daya nalar siswa untuk berfikir secara ilmiah mulai dari proses mengamati, menemukan ,merumuskan dan terakhir menerapkan intinya melatih siswa berfikir kritis dan ilmiah. Yang menjadi pertanyaan besar dalam diri saya adalah " dapat kah metode AMIL dan RUHIT ini diterap pada materi matematika lainya atau mata pelajaran selain matematika? ". Demikian pengalaman mengajarku hari ini saya sangat bersyukur mudah-mudahan besok tuhan memberikan rasa senang seperti hari ini....Amin.....

Sabtu, 07 September 2019

Minggu, 25 Agustus 2019

REVIEW TENTANG RUMABELAJAR :" VIDIO FUNGSI ORGAN PENCERNAAN DAN PERKEMBANGBIKAN PADA HEWAN"

Assalamualaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakatuh bersama saya Abdul Hamid SPD cari SDN 1 juglangan pada kesempatan berbahagia ini saya akan mereview http://rumahbelajar.id/ sebagai tugas VCT bacth 5 Jawa Timur 104.1




Langkah pertama yang saya lakukan adalah masuk halaman rumah belajar :http://rumahbelajar.id/  setelah kita masuk halaman rumah belajar id kita langsung mengisi kolom pencarian sesuai dengan materi yang kita kuasai karena saya guru SD maka pada Kolom pencarian tulis IPA SD. Kemudian klik akan muncul tampilan seperti berikut ini materi IPA ada pada sekolah dasar. 



Pada kesempatan ini Saya akan mencoba mereview video tentang fungsi organ pada pencernaan. Mari saksikan video berikut ini:https://www.youtube.com/watch?v=CmFT1TYF-80&feature=youtu.be

Setelah saya menyaksikan video ini video ini sangat menarik sekali namun ada beberapa masukan terkait dengan tayangan video yang telah kita saksikan tadi;
pertama alangkah baiknya sebelum menyampaikan soal kepada para siswa sebaiknya narasumber memberikan Uraian singkat materi fungsi organ pencernaan, misalnya dalam bentuk tampil gambar animasi lebih menarik perhatian para siswa.  
Kedua video ini lebih  mengarah pada pembahasan soal-soal yang berkaitan tentang  fungsi organ pencernaan. 
Ketiga untuk mengurangi rasa jenuh alangkah baiknya video ini di beri backsoud dengan  suara yang tidak terlalu nyaring.

Demikian review dan masukan saya terkait dengan vidio pembelajaran ke satu tentang fungsi organ pencernaan.

Bapak Ibu guru hebat semuanya untuk review kedua tentang rumah belajar adalah materi yang sama yaitu IPA tentang vidio pembelajaran tentang Perkembangbiakan hewan. Mari saksikan video berikut ini:https://www.youtube.com/watch?v=CmFT1TYF-80&feature=youtu.be

Pada vidio penyampaiannya sangat baik sekali dibandingkan dengan vidio yang pertama. untuk vidio kedua ;
Pertama dimana nara sumber diawali dengan uraian singkat materi dan apersepsi untuk mengetahui seajauh mana kemanpuan siswa terhadap materi yang akan di sampaikan sebelum bemberikan soal.
Kedua  alangka baiknya soal yang di berikan kepada siswa adalah soal yang bisa langsung di gunakan siswa dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash.

Demikian review saya tentang konten rumah belajar bahan ajar IPA SD  pada materi fungsi organ pencernaan dan perkembangbikan pada hewan, berikut saya lampirkan juga video proses review konten Rumah Belajar dengan aplikasi Speech To Text (STT) pada android dan selanjutnya file teks yang di peroleh, saya copy paste ke aplikasi Text to Speech pada android. berikut link videonya :https://youtu.be/TY7H2JLVp4Q




Jumat, 23 Agustus 2019

VIDIO PEMBELAJARAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF


       Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif
Cara perkembangbiakkan tumbuhan yang kedua adalah secara vegetatif. Perkembangbiakkan secara vegetative ini sendiri kemudian dibedakan menjadi secara vegetative alami dan vegetative buatan.
A.    Perkembangbiakkan vegetative alami
      1. Umbi batang
      2. Umbi lapis
      3. Umbi akar
      4. Akar tinggal
      5. Geragih
      6. Tunas
      7. Tunas Adventif
       8.   Spora

      B. Perkembangbiakkan vegetatif buatan
             1. Mencangkok
             2. Menempel
             3. Menyambung
             4. Stek
             5. Merunduk
     Berikut link vidio "Pembelajaran Perkembangbikan Tumbuhan Secara Vegetatif" :https://youtu.be/iFyWa3MiwRQ