Kamis, 28 Oktober 2021

EMMA'-EMMA' JADI SARAN JURUS 3 M

Salam Rumah Belajar
"Merdeka belajarnya
Rumah belajar portalnya
Belajar di mana saja
Kapan saja
Dengan siapa saja"


Hari ini Jumat yang cerah, sudah hampir satu minggu saya dinyatakan lolos Pembatik level 4 Provinsi Jawa Timur dengan 30 peserta terbaik di masing-masing provinsi. Kali ini saya tetap konsisten dengan jurus 3 M dalam mengenalkan Portal Rumah Belajar, kali ini yang menjadi sasaran adalah emma'-emma' hal ini bertujuan bahwa Portal Rumah Belajar harus juga di kenal oleh semua kalangan. Jaman sekarang teknologi sudah banyak dan menjadi kebutuhan di semua kalangan masyarakat, contoh konkrit adalah penggunaan Hand Phone (HP).

EMMA'-EMMA' SANGAT ANTUSIAS

Hand Phone (HP) sudah banyak dimiliki dan di gunakan mulai dari balita sampai lansia. Dengan melihat fakta yang ada di lapangan sangat memungkinkan sekali melakukan pengenalan Portal Rumah Belajar dengan menggunakan jurus 3 M. Kali ini saya  mengawali mengenalkan berbagai fitur-fitur Rumah Belajar dengan berbagai fungsinya. 


Setelah mengenal beberapa fitur-fitur Rumah Belajar selanjutnya saya memberi kesempatan untuk mencoba beberapa fitur rumah belajar. Ternyata sangat antusias sekali mereka sangat senang menurutnya fitur edugame sangat cocok bagi anak-anak jaman sekarang yang banyak kecanduan game online.


Akhirnya mereka berinisiatif untuk mengistal aplikasi Portal Rumah Belajar untuk mengenalkan pada putra putri mereka. 
Berdasarkan pengalaman hari ini saya sangat  meyakini bahwa cara ini sangat efektif sekali dalam mengenalkan Portal Rumah Belajar lebih memasyarakatnya Aplikasi Portal Rumah Belajar.


 Salam Rumah Belajar !

Oleh: Abd. Hamid


Senin, 25 Oktober 2021

" EDUGAME MENGHIPNOTIS " SISWA KELAS 5 SDN 1 JUGLANGAN

Hari ini adalah hari kedua saya harus memulai langka dan menyingsing lengan untuk memulai hal yang baru lupakan hal yang lama. Memulai hal yang sederhana menggunakan ajian 3 M dalam memperkenalkan aplikasi rumah belajar pada siswa. Apa itu ajian 3 M ? Ajian 3 M adalah Mengenalkan, Mencoba, Menggunakan. Saya meyakini cara ini sangat efektif dalam memperkenalkan aplikasi rumah belajar pada siswa, ini sesuai dengan dunia anak. Di mana anak akan senang dengan sesuatu hal yang apabila dia mengenalnya terlebih dahulu, kemudian mencari tahu bagaimana cara mencobanya, akhirnya setelah terbiasa mencoba mereka senang menggunakannya.

Hal ini sama seperti yang saya lakukan hari ini dalam memperkenalkan Portal Rumah Belajar pada siswa kelas 5 di sekolah saya tepatnya SDN 1 Juglangan. Langka-langka yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

1. Mengenalkan

    Artinya pertama saya coba anak untuk kenal apa itu Portal Rumah Belajar, ada apa dengan Portal Rumah Belajar ? Saya coba jelaskan tentang fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar seperti fitur utama; sumber belajar, kelas maya, lab maya dan bank soal selain itu fitur pendukung seperti jelajah angkasa, peta budaya dan edugame. Kemudian semua fitur saya jelaskan secara global.

2. Mencoba
    Langka selanjutnya setelah menjelaskan secara global tentang fitur-fitur Portal Rumah Belajar, siswa saya ajak untuk mencoba salah satu fitur Portal Rumah Belajar yang menurut mereka sangat menarik untuk di coba, ternya pilihan mereka secara serempak memilih fitur edugame. Mungkin ini karena mereka sangat penasaran dengan fitur edugame dalam bayangan mereka seperti apa edugame  dalam Portal Rumah Belajar apa sama seperti game kebanyakan yang mereka sering mainkan. Namun kita sebagai guru harus mampu memberikan pemahaman yang positif apa sebenarnya game  yang baik untuk di mainkan oleh anak seusia mereka. Tanpa harus lama-lama saya langsung buka fitur edugame Portal Rumah Belajar. 

Awalnya biasa-biasa saja respon mereka tapi setelah ada sedikit game yang cukup menantang dan merupakan yang baru, mereka sedikit mulai terhipnotis diawali dengan adanya senyuman yang menunjukkan rasa senang dan penasaran, puncaknya di saat mereka mulai terucap kata yes... jika jawabannya benar dengan iringan suara teriakan senang. bagaikan sporter kesebelasan sepak bola. Situasi ini ini cukup lama bertahan sampai-sampai mereka mulai berdiri dari tempat duduknya, kelihatannya mereka sudah mulai suka, dan ingin terus mencoba .

3. Menggunakannya
    Setelah saya lihat sudah merasa suka tentang fitur Portal Rumah Belajar meskipun hanya edugame yang penting dalam diri anak sudah merasa tertarik. Kita harus pelan-pelan dalam memperkenalkan hal yang baru pada anak, apalagi sesuatu yang baru dan kurang menyenangkan.

                      


Salam Rumah Belajar !

Oleh: Abd. Hamid                                                            

WhatsApp Web
WhatsApp
 Terenkripsi secara end-to-end

Minggu, 24 Oktober 2021

JURUS 3 M BERLABU PADA GURU KELAS 1 DAN 5 SDN 1 JUGLANGAN

Tetap konsisten dengan jurus 3 M yaitu  mengenal, mencoba dan menggunakan. Saya berkeyakinan bahwa dalam kita mensosialisasikan portal rumah belajar harus diawali mengenalkan apa itu portal rumah belajar, mulai dari fitur utama dan fitur pendukung. Jika sudah paham semua itu baru kita berikan jurus yang kedua yaitu mencoba, kita mulai mengajak mereka untuk mencoba fitur yang ada pada rumah belajar usahakan mencoba fitur - fitur yang menarik yaitu edugame. Fitur edugame sangat banayak menarik minat dan perhatian yang cukup besar bagi pengguna baru fitur ini. Dan juga fitur Edugame banyak di minati siswa di semua jenjang kelas di SD.

GURU KELAS 1

Hari ini guru kelas  1 dan 5 yang menjadi sasaran dalam proses sosialisasi secara personal, mengingat situasi di sekolah masih dalam pelaksanaan simulasi ANBK. untuk lebih cepat dan mudahnya saya berinisiatif  sosialisasi portal rumah belajar secara personal dengan menggunakan jurus 3 M. dalam kegiatan ini tidak hanya fokus pada guru saja tapi wali murid juga menjadi sasaran. Sebenar sosialisasi portal rumah harus di mulai dari :

1. wali murid

2. Murid

3. Masayarakat

4. Guru 

5. Organisasi pemerintah/swasta

GURU KELAS 5

dengan alur seperti ini saya meyakini pengenalan portal rumah belajar akan lebih efektif. Pengenalan rumah belajar  harus di mulai dari bawah, dengan ini rumah belajar akan memasyarakat.


Salam Rumah Belajar !

Oleh: Abd. Hamid




AYO....INSTAL APLIKASI RUMAH BELAJAR

         " BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA"


Portal Rumah belajar merupakan sebuah rancangan portal belajar yang di sediakan oleh Kemendikbudristek bersama dengan Pusdatin dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id pada peluncuran program layanan TIK pembelajaran tanggal 15 Juli 2011. Pada Portal Rumah Belajar memberikan banyak fasilitas fitur yang sangat lengkap yang bisa membatu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. fitur-fitur rumah belajar antara lain.

  1. Fitur Utama
          Fitur utama pada portal rumah belajar meliputi: kelas maya, sumber belajar, lab maya, bank soal

      2.  Fitur pendukung pada portal rumah belajar meliputi: peta budaya, karya sastra dan bahasa, buku 
            elektronic, wahana jelaja angkasa, pengembangan profesi berkelanjutan, edugame, augmented 
reality dan blog pena




Portal rumah  belajar dapat diakses siapa saja baik guru dan murid mulai jenjang paut, TK, SD,  SMP dan SMA/SMK Panji. Dengan PORTAL RUMAH BELAJAR kita dapat belajar di mana saja, kapansaja dengan siapa saja. Aplikasi ini dapat download   mulai jenjang PAUD, TK, SMP, SMA/SMK cara mendowloadnya dapat melalui playstore ayu kunjungi alamat: https://belajar.kemdikbud.go.id/.jangan di tunda lagi segera download dan Instal Aplikasi di HP adroid anda.       




Salam Rumah Belajar !
Oleh: Abd. Hamid